Tanya Jawab bersama Narasumber seputar "Islamic Hypnoparenting" Sharbu IIP Paya-Liko


1.
Assalamu'alaikum.
Saya ani dari bukittinggi.
Pertanyaan:
1. Anak saya perempuan 2.5 tahun. Belum mau bak dan bab ke wc, sering nolak diajak ke wc. Kadang mau bak tapi lebih sering ga mau nya. Belum bisa kasih tau kalau kebelet. Udah sering diulang2 mengingatkan tapi belum ada perubahan. Apa yang harus saya lakukan?

👉 Jawab ;
Idealnya pada usia 1 th anak mulai di ajarkan toilet training, buka popoknya, agar anak merasakn betapa tidak nyamannya ketika ada kotoran di celananya, sehingga anak akan bersedia diganti pakaiannya.

Bila sdh berusia 2,5 th blm mau ke wc biasanya ada faktor traumatic, misalnya pernah dipaksa atau dimarah2i di dalam kamar mandi/wc sehingga lokasi tsb sdh jadi *anchor* ketidaknyamanan sehingga dia menolak utk diajak kesana lagi.
Maka, rubahlah persepsi negatif itu dg menjadikan kamar mandi tpt yg menyenangkan spt main bareng dulu sblm pub, kalau sdh terlanjur pub beri mainan baru yg khusus dimainkan utk si kecil di  kamar mandi.
Rubah dg sesuatu yg lain yg diinginkannya dikamar mandi tsb..
Temani.. 
Kalau itu sdh dilakukan tp tetap tidak berhasil bisa diganti pispot anak dulu untuk sementara, sampai anak ga mau pub di celana lagi, nanti baru di ajak lagi ke wc..

2. Kenapa yaa uni Novi anak saya sewaktu diajak shalat, sering ngeles. Karena masih kecil apakah dibiarkan aja dan hanya sebatas mengajak dan bilang "ibu shalat dulu ya"? 
Terima kasih... 

👉 Jawab..
Pesan nabi kita, anak baru di ajarkan sholat umur 7 th. Sebelum itu hanya diberikan contoh saja.. bila anak tertarik ikut maka di ajak sholat bareng, tp kalo blm mau dan ngeles dg jawabannya jgn di paksa.. nanti kegiatan sholat jadi kegiatan yg tdk menyenangkan baginya.

Katakan bahwa sholat adalah saat yg membahagiakan.. ajak dg cara menyenangkan.. seperti : siapa yg mau masuk syurga dg bunda...? Yg mau ikut kesyurga ayuk sholat bareng bunda.. dsb..

Intinya buat jadi menyenangkan dulu..
(Emotional Attachment..)

2⃣
Assalamualaikum mbak novii..

Misal si ayah dan bunda punya cara pandang yg berbeda soal sistem mendidik. Ayah yg terlalu keras, bunda yg ingin mengaplikasikan ilmu parenting dirumah. Ayah yg suka main hukum fisik, membuat bunda pd akhirnya bnyk "menyembunyikan" hal2 yg bisa mjd pencetus si ayah turun tangan. 

Jangan dulu diminta u bicara sm si ayah.. krn dr cara yg lembut semua udh dilakukan tp mmg tipe nya keras, g mudah u diajak diskusi. Prinsipnya kesalahan hrs dihukum, dan tidak boleh lebih dari 3x 🤦🏻‍♀

Apa yg hrs nya bunda lakukan? Anak saya tumbuh mjd pribadi yg tak kenal takut (krn terbiasa menerima ancaman dan hukuman dr sang ayah), suka bohong (krn ingin cari aman), membantah, dan sulit sekali  termotiasi u belajar.

Mohon pencerahannya 🙏🏻

👉 Jawab
Idealnya ada kesepakatan bersama antara ayah dan bunda tentang pola didik dan pola asuh anak. Coba bicarakan lg berdua.. mulai dari hal2 prinsip sampai kepada hal2 teknis.. 

Bicarakan juga tentang pihak2 lain yg mungkin mempebgaruhi spt kakek-nenek, om-tante atau siapapun yg ada di rumah kita yg dapat mempengaruhi keputusan kita.

Salah satu teknik menghadapi orang yg 'keras' adalah dg bertanya bukan memberitahu..
Biasanya jawabnnya bisa di 'geser' dg pertanyaan berikutnya..😊

Kalau tdk tercapai kesepakatan, bunda di larang mengancam anak dengan mengatakan :
"awass.. nanti bunda lapor ayah yaa..!" 
" Kalau ayah pulang bunda akan katakan pada ayah.." dsb..

Karena itu menunjukkan kelemahan dan ketidakmampuan kita menghadapi anak, sehingga anak hanya takut dg ayah saja..

Cobalah atur lagi strategi bersama ya bund..

3⃣
Assalamualaikum uni..
Saya Nur Baeti dari Cikarang..

Mau nanya nih 
1. Bagaimana cara menumbuhkan rasa percaya diri pada anak usia 4 tahun..
Anak saya 4 tahun dh paud d rmh aktif tp klo d sekolahan diem dan kurang percaya diri.
👉jawab
Bantu anak mendapatkan percaya dirinya dg memuji prosesnya bukan pada hasilnya saja
Biasanya ketika anak bercerita ttg kejadian2 disekolah maka fokuslah pada proses, simak baik2, lalu komentari dg komentar positif setiap prosesnya.
Bisa juga dg sering2 mengajak anak silaturrahiim krn anak yg kurang PD dg lingkungan ramai krn zona nyamannya masih rendah maka dg melatihnya sering bertemu dan menghadapi lingkungan baru akan membuatnya terbiasa dengan kondisi2 asing. Butuh kesabaran meluaskan zona nyamannya tersebut krn memang tidak begitu nuaman bagi anak saat itu, tapi nanti ketika kita kembali ke zona yg lebih kecil maka anak akan nyaman dg sendirinya..

2. Bagaimana caranya agar anak terhindar dari pergaulan yg tidak baik di lingkungan sekitar,,padahal lingkungan mempengaruhi tumbuh kembang anak.

👉 jawab

Kuatkan prinsip2 kebenaran pada anak, kuatkan aqidahnya.. terutama sifat IHSAN, berbuat dg merasa senantiasa di awasi Allah.
Setiap anak menemukan hal negatif pada lingkungannya ajarkan cara menyikapinya yg benar.. 
Jangan bandingkan diri anak dg orang lain krn komperasi itu dapat menyebabkan ketidaknyamaan atas isi nasehat, cukup bandingkan dirinya dg diri sendiri yg terbaik, dirinya yg ideal..
Orang lain cukup utk kita mendapatkan ibrohnya saja.

3. Bagaimana cara agar anak menjadi pemberani dan tidak penakut
Terimakasih sebelumnya

👉 Jawab
Anak takut karena informasi negatif yg diterimanya, maka ganti informasi tsb dg informasi positif..
Ceritakan hal2 baik, konsekuensi baik, atau hal2 baik lainnya utk anak berani menghadapi ketakutannya tersebut. Temani anak untuk menemukan bukti dari apa yg kita katakan.

Terima ketakutannya dg memahami apa yg dipikirkannya lalu bantulah dia untuk bisa mengeser paradigma itu bersama sama..

4⃣
Assalamu'alaikum bu novi saya peserta sharbu IIP payaliko, mau tanya tapi agak banyak yaa :)

1. Bagaimana cara memotivasi anak yang kurang PD? Metode hypnoparenting mana yg paling cocok? 

👉 Jawab
Udah di bahas di pertanyaan diatas ya bu..😊 (no 3 point 1)

2. Bagaimana cara mengajarkan/memotivasi anak untuk belajar berkompetisi? Metode hypnoparenting mana yg paling cocok? Anaknya belum bisa menerima kekalahan kalau lagi main dgn teman2nya, kalau kalah suka ngambek dan pundung kalau kata orang sunda mah hehe
Segitu dulu aja bu, syukron jazakillah khairon katsiir 🙏🏻

👉 Jawab
Hargai prosesnya bu bukan hasil, ajak anak untuk bisa menikmati prosesnya, bantu jelaskan kelebihan atau hal positif yg bisa didapatnya melalui proses yg telah di laluinya.. maka semakin banyak manfaat yg didapatkannya dalam proses tsb maka semakin lapang bagi anak untuk menerima kekalahannya.
(Reframming)

5⃣
Nama saya Milda Paramita, saya ingin bertanya. 

Sebelumnya saya sedikit banyak telah mencoba teknik parenting. Tetapi teknik parenting tsb hanya berlaku di rumah. Maksudny si anak mw jd anak yg kita harapkan hanya di "rumah". Apabila sedang berada diluar rumah, sikap si anak berbeda dg yg dilakukanny di rumah. Apalagi ditambah dg tantrum dan tidak mau mendengarkan perkataan orang tuany. Terlebih lg ketika berada di rumah Opa Oma atau Kakek Nenekny. 

Solusi yg tepat utk kasus ini apa ya? Klo marah2 dikeramaian ato membiarkan anak tantrum jd keliatan serba salah. 

Terima kasih sebelumny.

👉 Jawab

Justru disinilah letak kesalahan kita yg membuat anak berhasil menguasai kita diluar rumah, nangis di keramaian..!

Idealnya, sebelum berangkat keluar dari rumah sepakati dulu apa yang boleh dan apa yang tidak boleh selama di luar rumah.

Sepakati juga konsekuensinya bila dilanggar atau dipatuhi

Lalu, istiqomahlah..

Maka butuh orang tua yg konsisten dan sedikit tega thdp kondisi anak.

Sekali TIDAK tetap TIDAK!

Maka ketika anak mulai menguji kesabaran kita di depan orang ramai cukup pindahkan ketempat yg lebih sepi, tapi tidak merubah keputusan kita.

Yg sering jadi masalah berikutnya adalah keterlibatan orang ketiga, seperti oma/opa nya..😢 

Maka juga perlu di bicarakan baik2 tentang prinsip pendidikan yg sdg kita jalani bersama keluarga. 

Semoga orang tua kita mengerti dan turut membantu, kalaupun tidak, tetap kitalah, orangtuanya, yg bertanggung jawab penuh thdp anak2 kita..

6⃣
Assalamualaikum uní, sya Bunda vera 
Ijin bertanya kalau menghadapi anak bungsu(5thn,perempuan) ketika marah suka memukul Ayah / kakak(7thn,perempuan), bagaimana mengatasinya, karena fisik ade nya lbh besar dr kakaknya juga..

Trimakasih sebelumnya 😊

👉 Jawab

Musyawarahkan aturan dalam keluarga kita dg jelas pada saat nyaman (emotional attachment)

Pada saat anak emosi, bantu kendalikan dg memindahkan anak ketempat yg lebih 'longgar', biarkan dia me'release' - melepaskan emosi negatifnya terlebih dahulu.. 

jangan terlalu banyak bicara pada saat itu..

bila anak dan kita pun tenang sdh tenang baru dibicarakan kembali apa yg terjadi..

Jadilah hakim yang bijaksana, bebas emosi, dan tendensi keberpihakan..

Lalu putuskah 'kasus' dengan hasil musyawarah sebelumnya..

7⃣
Assalamualaikum bunda novi..
Saya fitri dr Jember. 
Saya ibu dr 3 anak, 2putra 9th dan 5th, putri 3th.
Sudah belajar parenting tp masih blm bisa mengamalkan 😭😭😭 dzolim ya bunda.
Masih sering ngomel dan marah, apalagi kl anak2 'tambeng/nakal' astagfirullahaladzim 😭
Kurang doa dan sabar saya ya bunda, saya lupa bagaimana jd anak yg bahagia, saya nggak ingin terjerat dg 'innerchild' .
Semoga Allah, semakin memberi saya kesabaran dan mampu menahan emosi bunda 🙏🙏🙏

Saya nggak tau , ini curhat atau pertanyaan atau sekedar sharing dan ingin didengar saja. Tp saya berterimakasih ada di grup parenting ini 🌹🌹🌹

👉 Jawab
Kalau bunda masih bermasalah dg 'innerchild' nya maka selesaikan dulu hal tsb dg 'melepaskannya'.. memaafkan masa lalu..
Cari sebanyak mungkin hikmah yg tersembunyi dibalik semua itu..
Lalu syukuri satu persatu..

Biasakan menatap mata anak saat anak bicara atau pada saat kita bicara, hal itu akan membantu kita untuk memahami apa yang dipikirkan dan dirasakan anak.. Tarik nafas yang panjang sebelum bicara sambil istighfar..
Bayangkan bila kita kecil apa yg kita inginkan pada saat itu, apa yg kita inginkab dari ibu kita pada saat itu.. apa yg membuat kita mau melakukan yg diinginkan oleh ibu kita..

Ibu seperti apa yang kita inginkan saat kita kecil.. maka jadilah seperti itu terhadap anak2 kita..

8⃣
assalamu a'laikum
ukh ntip tnya, bgaimana yah cara yg baik mghdapi ank yg cndrung trtutup dan mudah ngambek?

👉 Jawab

Anak tertutup dan mudah ngambek termasuk anak dg zona nyaman rendah..
Rekomendasinya sama dg yh diatas.. 
Banyakin silaturrahiim..

Ajak anak2 lain main bareng dibawah pengawasan penuh dari kita..

Ajak anak lebih realistis.. bukan sekedar idealis..
Nikmati prosesnya..😁

9⃣
Assamualaikum, saya intan...
Bagaimana dg anak laki2 yang sudah mndapatkan  2-4 point di atas tapi tidak mndapatkan role model dari peran ayah. Apa yg harus dlakukan ibu ny? Terima kasih mba

👉 Jawab
Bantu anak dg berkisah, ceritakan orang2 hebat pada masa lalu hingga masa sekarang.. ceritakan dengan menarik seperti kita menceritakannya kepada orang lain.. dg sabar.. dg ekspresi.. dg intonasi.. shg anak seolah2 bisa melihatnya secara nyata dalam pikiran mereka.

Baca lebih banyak kisah sehingga kita pun jadi lebih terasah..

🔟
Bund, saya wina. Gimana caranya menangani anak2 yg cari perhatian bundanya ketika ada tamu datang berkunjung k rumah dengan berebut mainan sampai heboh, padahal kalo ga ada tamu mereka anteng2 aja main sama2.. sekali dua kali udah d ingetin buat ga rebutan mainan.tp pas tamu datang tetap aja kejadian lg dan lg..

Teknik yg mana yg harus d terapin?

Anaknya udah umur 5 dan 3.5 thn

👉 Jawab

Seperti diatas ya bund..
Teknik mendisiplinkan anak;
1. Sepakati apa yg boleh dan tidak pada saat nyaman dan bahagia

2. Sepakati juga konsekuensinya

3. Istiqomahlah..

Maka kalo lg ada tamu, 
1. Siapkn makanan dan makanan utk mereka seperti tamu di belakang

2. Jelaskan kepada anak bahwa kita sedang ada tamu dan mulai berlakukan adab2 terhadap tamu

3. Bila ada hal2 yg bikin rusuh berikan perhatian, hentikan pembicaraan sejenak dg tamu (krn tamu kita lebih pengertian daripada anak) lalu selesaikan masalah anak2.. dan ingatkan anak komitmen kita dg konsisten..

4. Ketika tamu telah pulang ambil ibroh dari kunjungan tamu kali ini..

1⃣1⃣
Assalamu'alaikum
Pertanyaan saya
Kadang dalam keseharian ada saja yg memaksa kita sulit mempraktekan ilmu teknik yg telah di sampaikan.
1. Bagaimana kita tahu bahwa anak kita tdk trauma dgn emosi2 yg terpaksa telah kita muntahkah?

👉 Jawab
Salah satu indikasi trauma, bila berada pada lingkungan yg sama atau suasana yg sama (baik secara visual, auditory maupun tactical) memunculkan kondisi negatif yg sama bahkan lebih dibandingkan kondisi normal, padahal pencetus nyata emosi tsb sdh tidak ada.
Misalnya.. karena sering di marahin di kamar mandi, anak ga nyaman setiap kali diajak masuk kamar mandi padahal kita ga lagi marah.. tapi reaksi anak seperti dulu kita marahin atau bahkan emosinya bisa lebih negatif lagi.

2. Bagaimana cara efektif untuk bs berdamai dgn rasa bersalah kita telah berlaku tdk semestinya? 
Terima kasih

👉 Jawab
Bila terlanjur telah terjadi, maka;
1. Minta maaf lah kepada orang2 yg terkait bila masih memungkinkan..
Terutama pada anak..

"Maafin ummi yaa nak, pernah marah sama anak ummi secara berlebihan, sudah bikin kamu sedih, kecewa bahkan marah dengan ummi..
Padahal ummi tidak bermaksud menyakitimu..
Ummi justru sayang kamu..
Tapi kadang, ummi terlalu marah sehingga ummi justru menyakitimu..
Maafkan kekhilafan ummi yaa naak..
Ummi percaya kamu bisa membantu ummi agar tidak marah-marah lagi seperti dulu. Bantu ummi dg tidak melakukan penyebab kemarahan ummi seperti ..... bla..bla..bla..Yaa nak...
Supaya kamu bahagia dan ummi jg bahagia.. 
Kita bisa bahagia bersama sampai kesyurga kelak.. mau..? (Pasti mau doong..☺)

2. Berarti libatkan mereka utk turut membantu kita meninggalkn hal2 tersebut..

3. Berdo'a dan minta di do'akan..
Sambil memeluk anak..
"Yaa Rabb.. jadikan anakku ini.. (sebutkan namanya) menjadi penyejuk mata bagi ku ya Allah dg kebaikan akhlaknya, seperti... (sebutkan yg kita inginkan secera spesifik sehingga anak kita mengerti dan turut mengamininya) sehingga Engkau Redho dan menjadikan kami bisa berkumpul hingga kesyurgamu kelak yaa Rabb... 😔😭

Atau doa apapun ayah bunda.. yg penting isinya difahami dan baik utk semua..

1⃣2⃣
Assalamu'alaikum bun...
Afwan ini saya dengan syarah azzahra dari bekasi...
Mau tanya...

Bagaimana mengatasi anak di bawah 5 tahun yang sedang tantrum minta nonton via gadget...pas tantrum apa yang harus kita lakukan?
Apa kitanya harus diam saja agar tidak keluar kata2 yg kasar dan tidak keluar pukulan atau kita bujuk main yang lain atau kita tawarkan yg lain tp anaknya tetap ajja nangis2 sampe dia merasa capek(durasi nangisnya bisa 30 menit lebih)....
Mohon pencerahannya...
jazakillah khoiran sebelumnya😊

👉 Kalau anak aja sabarr nangis sampe 30 menit harusnya kita lebih sabar lagi karena cuma diam aja khaan.. 😁

Istiqomahlah bund..
Insyaallah anak akan mengerti, mau nangis sampai capek sekalipun ternyata bunda tetap tidak bergeming.. bundaku memang istiqomah..👍😄

1⃣3⃣
Assalam mualaikum bunda..
Mw tnya dong sputar hypnoparenting.

Melihat fenomena lgbt skrg ni, ktny krna krgny peran ayah. Apakah hypnoparenting jg bs diterapkan oleh selain ayahnya? Mksdny oleh kakeknya, oomnya, atw org lain pengganti ayah?

🙏🏽🙏🏽

👉 Jawab
Insyaallah bisa bund.. yang penting walinya..

1⃣4⃣
Assalamu'alaikum bunda sy ade irma dri bekasi mau menitipkan pertanyaan u/ kulwapp
1. Anak sy perempuan usia 1th 5bl baru2 ini jadi sering tantrum yg membuat sy kewalahan karna smpai membahayakan diri sendiri(benturkan kepala dilantai), pertanyaannya adalah bagaimana cara mengatasinya dg cara hypnoparenting?
Terima kasih bunda dan narsum 💕

👉 Jawab
Biasanya anak melakukan itu karena berharap kita simpati dan merubah keputusan kita..
Istiqomahlah..
Caranya, saat dia mulai tantrum katakan kita tidak akan meladeninya kalau tidak bicara baik2.. lalu tinggalkan..!
Biasanya anak tidak mau tetap menyakiti dirinya sendiri bila tidak ada yang melihat/memperhatikannya.. karena (kalau normal) anak juga punya ambang rasa sakit.. instingnya pasti ga mau sakit terus2n.. 
Jadi, beri penjelasan lalu tinggalkan.. kalau pun dia tetap ikut, segera masuk kamar atau tinggalkan dia dikamar sendiri.. sampai energinya habiss.. 😊 nanti kalo sdh reda baru bicara lagi.

1⃣5⃣
Nama : Betta Yuana
Kota    : Payakumbuh

Pertanyaan: 
Alhamdulillah saya juga dititipi enam orang anak oleh Allah SWT. Semakin ke sini saya semakin menyadari kalau tiap anak anak itu memang unik, walaupun "pabriknya" sama. Untuk anak anak yg bawaan dasarnya memang easy child kita mungkin gak terlalu ribet. Tapi untuk anak yg agak difficult, bagaimana kita baiknya bersikap? Karena kalo udah emosi, sering juga mereka jadi dibanding bandingkan satu sama lainnya. Terimakasih atas pencerahannya ya ni novi..

👉 Jawab
Haii bet.. 
Benar bet.. justru banyak anak mengajarkan kita banyak hal..😊
Buat menghadapi anak difficult tetap harus ada rules yg jelas.. 
Enaknya, ketika musyawarah banyak2in tawarannya.. 

"Kamu pengennya ummi gini apa gitu.."

"Kalo gitu apa yang bs kamu lakukan spy ummi bs begitu..?"

" Kalo ternyata kamu ga begitu (melanggar kesepakatan) lalu ummi harus bagaiman sama kamu..?"

"Truss, kalo kamunya masih tetap ngotot/rewel/bandel truss ummi mesti gimana lagi..?"

"Beneran yaa..?! Mulai sekarang kita akan seperti itu.. Abi juga akan terlibat nih dalam kesepakatan ini.. bener kan bi..?"

Jadi deh, rules dari mereka sendiri dan biasanya kalo pun dilanggar akan jadi lebih nyaman saat menyikapinya.. cukup action tanpa banyak coment lagi..
Good luck bet..✊

1⃣6⃣
Assalamualikum,,
Bund mw tanya,, klo anaknya udh dari kecil dimanja pake bgt, apalagi pd masa2 tantrumnya... Dan akhirnya itu tumbuh sampe misalnya sianak udh usia 10th, gmna cara mengatasinya,, malah skrg pnya ade eh adenya jdi ikutan kelakuan kkanya... 
Hihihi mkasih

👉 Jawab
W'alkmslm wrwb..
Buat kesepakatn dari awal lagi bund.. ga apa apa.. ga perlu kapok..
Karena hidayah itu datangnya dari Allah tugas kita adalah ikhtiar..

So, jgn nyerah sama anak..
Dia aja bisa bertahan dg cara sulit, mesti nangis dulu.. guling2 dulu.. dan action macam2 sampe capek.. hanya utk mendapatkn apa yg diinginkannya..
Masa kita cuma diminta diem, tidak meladeni aja ga bisa 'menang'.. ayolah ayah bunda.. In Sya Allah kita bisa koq menaklukan hati anak2 kita..
Tetap minta pertolongan Allah yaa..
Sering2 sebutnya dalam doa kita.. baik secara diam2.. maupun secara terang2an 😁

1⃣7⃣
Elin - Bekasi

1.Bagaimana bisa menghentikan/mengurangi kecanduan gadget pd anak remaja usia 17th? Karena menurut saya saran ibu novi dg ngajak main voly, kelereng dsb kurang efektif utk remaja.  Ibu sy sdh tiada, jadilah sy yg harus didik adik saya dan mengingatkan dy. Saya bingung hrs gmn, seringkali saya harus minta bantuan dy dg ancaman tdk dikasih uang jajan (jika tdk begitu dy tdk gerak😂) tapi tetap harus nunggu sampai gamenya selesai
🙏🏽

👉 Jawab
Game Online juga bisa menyebabkan addiction (kecanduan) bund..

Harus ada usaha serius untuk bs menguranginya apalagi sampai berhenti.

Kalo adek sdh remaja, bikin sibuk dia dengan aktifitas yg disenanginya bund.. bs ikut club olahraga, seni, organisasi atau hal2 positif yg disenanginya..

Silahkan ngobrol dulu yg nyaman2 dia lagi seneng apa.. kepengen bisa apa atau jadi apa.. kalau jawabanya positif tinggal di arahkan aja..
tapi kalo jawabannya negatif, atau ngawur ajak bicara serius, berdua aja, sambil makan, dan dengarkan isi hatinya secara tulus.. seperti lg dengerin client cerita kepada kita secara profesional..😁 
Coba aja..

1⃣9⃣
Assalamu'alaikum bunda, sy mau bertanya

1. Bgmna cara mengatasi anak yg puny bad habbit suka menyakiti diri (pukul2 kepala) misalny tanp sengaja si anak melakukan kesalahan ataupun org lain yg melakukan kesalahan pd si anak?
Apa penyebabnya?

👉 Jawab
W'alkmslm wrwb..
Untuk pertanyaan ini sdh ada jawabannya di atas ya bund.. no 1⃣6⃣

2. Bgmn pula cara meyakinkan dan menumbuhkn kemauan dari diri sndiri pd anak thd kebiasaan baik? Cth kasus: anak (laki2) agar mau berambut pendek, meyakinkan bahwa memotong rambut dan kuku adl proses yg biasa dilakukan (pdhl sdh diberikan contoh diajak melihat org tuany potong rambut dan potong kuku, sdh dijanjikan dberi hadiah jg tp blm berhasil)?

👉 Jawab
Anak biasanya mau melakukan sesuatu krn manfaat yg didapatkannya secera 'nyata' bukan hanya cerita.. maka buatlah manfaat tsb menyenangkan baginya sehingga dia pun menginginkannya..
Biasanya anak tidak mau krn tidak menyenangkan bahkan kadang menakutkan.. takut medengar mesin pemotong rambut, takut duduk di kursi potong rambut, maka ajak diskusi hal2 yg membuat anak tidak nyaman dan apa yg diinginkannya agar menjadi lebih nyaman.. eksplorasi lebih banyak beserta solusinya..

3. Ada kasus si anak bermain d tempat umum dan cenderung tdk mudah untuk main bebas sprti anak2 pd umumny. Dan ketika dy sdg bermain dg 1 mainan kemudian ada anak lain ingin mengambil mainanny dy cenderung melepaskanny pdhl si ank ini masih usia hampir 3 th bukankah msih masa egosentrisnya? 

1. Apakah termasuk anak yg pemalu ataukah penakut? 

👉 Jawab
Bisa jadi iya bisa jadi tidak..
Karena kadang anak memberi karena tidak ingin konflik atau anak memberi karena dia tau itu akan membuat anak lain bahagia sehingga dia pun jadi lebih nyaman..

2. Bgmna cara mengatasinya?
👉 Jawab
Kalo anak melakukannya dengan senang hati sebenarnya ga ada masalah bund.. 

yang masalah berarti orant tua, karena membelikan mainan anak agar anak kita main.. 

tapi kalo kenyataannya anak lebih bahagia kalo mainan itu diberikan kepada anak lain.. yaaa terima aja.. bukankah itu membuatnya bahagia dan tugas kita sdh sampai.. yaitu membuatnya bahagia dg perantara mainan ini.. meskipun tidak memainkannya tapi malah memberikannya.. he..he..he..😅 sabar ajah..

Tapi kalo anak terlihat seperti takut atau menghindar maka buat anak nyaman dengan main bersamanya dan anak lain.. ngobrol bareng.. tukeran cerita ke masing2 anak.. sehingga anak pun belajar menyamankan dirinya..

2⃣0⃣
Assalamu'alaikum kak, langsung nanya aja 😊

1. Bagaimana cara mempraktekkan materi tsb pada anak 1th? dan kebetulan saya hanya mengurus sendiri krna ayahnya sering tugas luar dan sangat jarang sekali utk bisa bertemu dg anak. Kadang ketika anak mulai aktif berjalan kesana kemari sampai ikutin saya ke (maaf) toilet, saya ada keselnya jg 😔 saya alihkan sama mainan dia, tp tetep akhirnya ikut lg.

👉 Jawab
Sebenarnya anak belum mengerti mengapa dia harus ditinggal sedangkan sendiri membuatnya tidak nyaman bahkan takut..
Wajar kalau kemudian anak ingin selalu dekat dengan kita..

Anak baru akan mengerti konsep aurat sekitar usia 3 th. Saat itulah kita bisa menjelaskan dg lebih nyaman mengapa kita ingin menutup pintu toilet

Begitu jg dengan konsep kotor, bau, basah, dsb.. anak belum sepenuhnya mengerti..
Bersabarlah bund.. ga perlu marah.. tapi tetap dijelaskan saja..

2. Utk menjadi role model itu kn perlu peran kedua orangtua, seperti waktu saya sholat saya selalu bilang dan ajak anak saya utk ikut sholat. Tp yg saya khawatirkan adalah psikologisnya (kebetulan anak saya laki2), saya prnh ikut seminar psikologis anak katanya klo anak smpe ikutin kita pke kerudung itu ga baik krna dia laki2. Saya jg sudah sampaikan sama anak saya dg mengajak ngobrol tp mungkin krn usia segitu memang meniru niru segala hal, tp kdang saya takut psikologisnya terganggu krn itu yg ada d pikiran saya. Ya klo g ada bapaknya memang suka d ajak sholat bareng jg, tp krn seringnya sama saya jd ya gitu. Kebetulan jg kami tinggal jauh dr kakek nenek ny.

👉 Jawab
Memang idealnya kedua orang tua terlibat.. tapi secara bertahap anak akab mengerti konsep aurat, gender/jenis kelamin. Kalau anak sudah mengerti baru di 'tegas'kan.. kalau belum saatnya menjelaskan sampai sang anak paham..

2⃣1⃣
Assalamu'alaikum Uni Novi, trimakasih materinya y luar biasa.
Menjadi Ibu adl kebahagiaan, terkadang kenangan masalalu dikala kecil, serta situasi & kondisi yang dilihat & dirasakan..tertanam di dalam diri kemudian menjadi spontanitas prilaku ketika menjadi ibu.

Hal ini terjadi pada saya & menimbulkan 'luka' pada anak pertama sy. Saat ini saya merasa kesulitan untuk mengobati luka itu. 
Pengetahuan baru mengenai ilmu parenting & penerapanya trhdp adik2 nya.. Membuat sy sedih ketika melihat 'luka' si sulung.

Uni Novi... Dengan Islamic hypno parenting, bagaimana cara menghadapi & terapinya terhadap permasalahan saya di atas, baik terhadap diri saya ataupun anak sulung saya? 

Demikian, terimakasih banyak atas sharingnya.🙏🏽

👉 Jawab
Ibu benar sekali.. nikmatilah masa anak2 ini yg ga akan lama.. hanya sebentar.. lalu bersiaplah setelah itu mungkin kita akan kehilangannya dan merindukan lagi masa2 spt sekarang..
Selalu ambil hikmah nya.. karena amalan hati yg paling berat adalah *berhusnudzhon kepada Allah*.. 
Teruslah berhusnudzhon kepada Allah sehingga hati kita menjadi lebih tenang.. dan kita pun lebih kuat untuk melangkah kedepan..

Untuk jawaban teknis lainnya sdh di jawab pada pertanyaan ke
1⃣8⃣ ya bund..

2⃣2⃣
Ini ayah, begini anak kami sudah hampir 11 tahun, kendalanya masih susah berkomunikasi, kosakata masih terbatas, bicara suka patah-patah, tapi Alhamdulillah sekolah nilai-nilai nya bagus, hafalan juga sudah lebih dari 1 Juz, dulu mmg waktu balita sering kami titip karena kesibukan masing-masing, sekarang selain susah bicara, juga terkesan cuek dengan lingkungan, tidak mau bergaul meski sudah disuruh, beda sekali dengan adikknya yang baru 6 tahun, cerewet, kira-kira bagaimana solusinya bunda? 🙏🏻
Terima kasih

(Anak saya laki2 keduanya)

👉 Jawab
Baiknya di coba lakukan assasment dulu dengan ahlinya ayah, apakah si abang mengalami speech delay atau tidak..? Apakah dibutuhkan terapi khusus atau cukup dengan banyak memberikan rangsangan verbal pada anak.. krn dg banyak membaca kosakata anak akan bertambah.. dengan banyak bicara keterampilan komunikasinya akan semakin bertambah.. maka ngobrol tentang isi buku adalah hal yang menarik dan sangat membantunya..
Atau ngobrolin apa aja dengan banyak ragam orang..
Semoga anak semakin terlatih dan mahir yaa..

0 komentar