Tantangan Hari ke 3

Tantangan Hari ke 3
Kaidah 2C = Clear and Clarify

Sabtu, 4 November 2017


Perbincangan awalnya sudah dari dua hari sebelumnya, hanya saja pas dihari Kamis itu saya mencoba menanyakan hal sama tetapi dengan tujuan yang sudah berbeda.

Perempuan terkadang terlalu sulit menahan keinginan, contohnya saja pada saat mengingikan barang yang disuka, sulit untuk mengontrol keuangan, apalagi mengontrol keinginan. Sebelumnya kita sudah menyepakati jika untuk saat ini beli keperluan yang dibutuhkan saja eh nyatanya saya kebablasan dalam hal keinginan untuk membeli, terjadilah miss komunikasi antara saya dan paksu.

Tantangan dalam hal ini luar biasa menurut saya untuk menjelaskan dengan bahasa lugas dan rinci, sebenarnya sih udah diterapkan kaidah 2C nya (Clear dan Clarify) tapi alhasil sayanya tidak terima klarifikasi dari paksu untuk menunggu dulu 1 bulan baru deh barangnya dibeli.

Uppss.... Tunggu dulu, dengan adanya niat untuk membangun komunikasi produktif maka hal yang tadi dianggap kesalahan dalam berkomunikasi nah seketika itu juga kita langsung introspeksi diri, bahwa dalam hal ini harus ada yang mengalah dan menerima serta berbesar hati. Sebab bagi saya ketika kita mampu melawan ego masing-masing maka disitulah terlihat tawadu'nya seorang istri/suami yang berilmu dan beradab terhadap pasangannya.

Daaaaaannnn pada akhirnya kita langsung cari tempat makan di luar biar suasana hati kembali enjoy, eh di tempat makan mulai lagi deh mesra-mesraan. Terasa banget bagi saya efeknya membangun komunikasi produktif nih disetiap moment dan dimanapun berada.


Tips jika terjadi "Miss Komunikasi"
1. Cepat-cepat mengklarifikasi kata-kata yang telah diungkapkan
2. Perbaiki intonasi suara ketika menjelaskan untuk kedua kalinya
3. Gunakan bahasa yang lugas dan mudah dimengerti
4. Saling bertatapan ketika bicara (tidak diizinkan "nyambi"j
5. Fokus ke topik (letak masalah Miss Komunikasi nya)
6. Lupakan sejenak kegiatan atau aktivitas lainnya dan segera buat agenda khusus berdua pasangan saja agar permasalahan jadi clear
7. Biasakan meminta"maaf" duluan
8. Berpelukaaaaan hihihi (sentuhan dan dekapan pasangan akan mampu mencairkan permasalahan yang terjadi.


Okeee

#gamelevel1
#hari3
#day3
#tantangan10hari
#kuliahbunsayiip
#komunikasiproduktif

0 komentar