Menemukan Passion Lewat 3 Tipe Gaya Belajar

*1. Memanfaatkan Stres*


Ternyata stres itu nggak melulu berakibat negatif. Malah, ada orang yang lebih fokus belajar saat stres. Banyaknya tugas dan ujian justru memacu tipe ini menjadi berprestasi.

Pelajar tipe ini bisa mengelola stres dan tough menghadapi situasi under pressure. Bahkan mereka justru butuh tantangan. Sebaliknya, kondisi santai bakal membuatnya lemah.
Trik untuk pelajar tipe ini adalah pasang target, supaya selalu terpacu untuk memenuhinya.

*2. Serba Relaks*

Kebalikan dengan tipe sebelumnya, pelajar tipe malah bisa performdengan baik saat merasa nyaman dan santai. Jadi dia harus membangun suasana yang relaks untuk belajar.

Olahraga, aromaterapi, camilan sehat bisa membantu membangun suasana jadi menyenangkan.

*3. Mengajar*

Cara belajar yang paling efektif untuk tipe ini adalah dengan mengajari orang lain. Menelaah pelajaran kemudian menyampaikannya ke orang lain, bikin makin cepat menguasai materi tersebut.

Makanya, banyak yang bilang kalau ngajarin orang lain justru bikin tipe ini makin pintar.

Pada dasarnya 3 tipe di atas sudah mencerminkan diri saya pribadi, untungnya paksu tidak komplen dengan point yang no 3. Kadang saya terkesan sombong kalau udah ngajarin tapi dengan penjelasan diawal ke paksu akhirnya beliau mengerti dan memahami kalau saya emang gitu orangnya. Biasa kalau saya baca 1 buku biar isi bukunya lengeket di kepala saya langsung jadiin paksu korban yang harus setia dengerin saya menjabarkan isi buku sampai tuntas.

Nah di bawah ini sedikit gambaran bahwa 3 point di atas bisa analogikan seperti ini :

1. Memanfaatkan stres sebagai tantangan untuk bangkit
2. Merelakskan pikiran sebagai sarana muhasabah diri
3. Membaca situasi sebagai peluang untuk mengeksplore diri

Terlihat hari ini bahwa untuk memanfaatkan dan belajar dari keadaan stres, sepanjang jalan paksu saya minta buat menceritakan kembali proses dia meminang saya biar stres di kepala berkurang karena dihibur dengan moment-moment yang membangkitkan gelora cinta saya bergejolak.

Stres tidak melulu berujung negatif, yap bener banget, contohnya hari ini stres bisa membuat kami semakin akrab dan lengket kek perangko heehee.

#harike10
#Tantangan10hari
#GameLevel4
#GayaBelajarAnak
#kuliahBunSayIIP
#gayabelajarorangdewasa
#keluargamimitoni

0 komentar